Mari Berbagi Ilmu di Pelangiku

para sahabat ilmu merupakan kunci dari hidup, tanpa ilmu hidup seakan tak ada artinya

Kamis, 15 April 2010

Inovasi Multimedia

  1. PENDAHULUAN

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat dan terus berkembang, peningkatan sarana pembelajaran semakin membantu proses kegiatan belajar-mengajar, tersedianya perangkat komputer sebagai sarana pembelajaran ini jelas sangat menguntungkan. Sekarang penggunaan komputer tidak hanya untuk kegiatan mengetik, menghitung dan menggambar saja tapi sudah digunakan untuk hal-hal lain yang lebih maju di antaranya browsing (internet).

Perkembangan teknologi informatika semakin terasa dengan banyaknya masyarakat menggunakan fasilitas internet, fasilitas internet sudah bukan lagi hal yang mewah tapi sudah menjadi hal yang biasa. Ini terlihat dari maraknya warnet (warung internet) yang berdiri sampai ke pelosok desa. Bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi jelas sangat menggembirakan karena transfer ilmu pengetahuan akan begitu cepat tanpa terbatas lagi oleh ruang dan waktu.

Maraknya penggunaan fasilitas internet diikuti dengan perkembangan jejaring sosial yang begitu pesat, dan yang paling fenomenal adalah perkembangan jejaringan pertemanan yang namanya facebook. Facebook merupakan media yang dimanfaatkan oleh pengguna (user) untuk bertukar informasi, pengetahuan, mencari jaringan dan lain-lain.

Media facebook dapat digunakan sebagi media pembelajaran yang akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Guru dan siswa tidak akan lagi terikat dengan model pembelajaran yang monoton dan konvesional.

Ednik (edukasi elektronik) lewat media facebook memberikan ruang bagi guru, siswa untuk berbagi informasi, ilmu pengetahuan bahkan nasihat secara komunikatif dan inovatif dalam pembelajaran.

  1. MANAJEMEN DAN IMPLEMENTASI INOVASI

Menurut Terry (1977) ada empat fungsi manajemen : Planning, Organizing, Actuating dan Controling. Dalam manajemen Ednik SMAN Sariwangi dalam media grup facebook Pelangi Ilmu Sariwangi, menggunakan fungsi manajemen menurut Terry :

a. Planning (perencanaan)

Program inovasi ini dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakurikuler (tanpa ada batas waktu). Program ini bertujuan menambah kegiatan proses belajar-mengajar selain dilakukan di sekolah dapat juga dilakukan di mana saja dengan cara mengakses grup facebook Pelangi Ilmu. Program ini juga bertujuan memberi keleluasaan kepada guru untuk memberikan materi yang tidak ada dalam kurikulum dan juga sebagai ruang diskusi bagi semua anggota Pelangi ilmu baik guru maupun siswa.

b. Organizing (organisasi)

1. Penanggung jawab : Kepala sekolah

2. Pengelola : Guru-guru

3. Pembuat Materi : Guru Mata Pelajaran dan Siswa

4. Pengguna : Guru Mata Pelajaran dan Siswa

Tugas dan fungsi tiap unsur:

1. Penanggung jawab (Kepala sekolah) :

  • Bertanggung jawab terhadap keseluruhan program
  • Memberikan bimbingan dan pembinaan kepada guru selaku pengelola
  • Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan Ednik SMAN Sariwangi lewat media grup facebook Pelangi Ilmu

2. Pengelola (guru-guru)

  • Memantau perkembangan isi dari dinding Pelangi Ilmu
  • Mendorong siswa-siswi untuk berbagi ilmu di dinding Pelangi Ilmu
  • Menyensor/ melakukan editing pada materi yang hadir di dinding Pelangi Ilmu
  • Mengundang pengguna (anggota/siswa-siswi) untuk acara-acara Pelangi Ilmu
  • Mengirim Pesan ke email seluruh pengguna (siswa-siswi)
  • Memantau/ melakukan monitoring pada kegiatan siswa-siswi (pengguna facebook) di facebook

3. Pembuat materi (guru dan siswa)

  • Mengisi dinding Pelangi Ilmu dengan materi pelajaran, nasehat, motivasi dan apapun bentuknya yang bertujuan membangun.
  • Memberi komentar/ tanggapan pada materi yang tersaji

4. Pengguna (guru dan siswa)

  • Mengakses grup facebook Pelangi Ilmu setiap on line sebagai media pembelajaran tambahan dan ruang untuk diskusi

c. Actuating

Kegiatan Ednik SMAN Sariwangi melalui media grup facebook Pelangi Ilmu Sariwangi sebagai berikut:

  • Membagi jadwal guru pengisi dinding Pelangi ilmu
  • Membagi jadwal guru untuk mengevaluasi isi dinding pelangi ilmu
  • Memonitoring kegiatan siswa di dinding Pelangi Ilmu
  • Memancing kreatifitas siswa untuk menulis di dinding Pelangi Ilmu
  • Menggali fotensi siswa dalam menulis

d. Controlling

  • Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan program untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar